Sunday, January 27, 2013

Tip mengolah daging steak

Tip Mengolah Daging Steak
Steak merupakan hidangan western yang banyak disukai orang di seluruh dunia.

Hidangan steak adalah berbagai jenis daging, biasanya daging sapi, yang diolah tanpa butuh waktu lama dan hanya menggunakan bumbu yang sederhana.

Namun terdapat kendala tersendiri dalam mengolah hidangan steak ini agar dapat empuk.

Berikut tip-tip mengolah hidangan steak oleh Winda, pemilik Holycow yang merupakan resto steak yang cukup dikenal di Jakarta, saat ditemui pada yang acara perkenalan cabang terbaru di Sabang, Kamis (20/12/2012) kemarin.

1. Jenis Daging
"Tidak semua jenis daging bisa diolah menjadi steak. Saya lebih memilih daging import karena teksturnya cocok buat steak," ucap Winda. Hal ini dikarenakan, daging lokal memiliki tekstur yang cocok untuk dimasak dengan waktu lama seperti rendang, sedangkan steak cukup butuh waktu 2-3 menit.

2. Cara Penyimpanan
Daging sebaiknya disimpan dalam keadaan beku, agar tidak merusak daging tersebut. Namun apabila saat ingin dipanggang, biarkan daging hingga suhu normal.

3. Cara Penanganan
Daging sapi berbeda dengan daging ayam dalam penanganannya. Daging sapi tidak boleh terkena air, karena akan berubah warnanya. Karena itu cukup dilap dengan tisu dapur.

4. Cara memasak
Pada dasarnya memanggang steak tidak butuh waktu lama, karena terdapat beberapa pilihan tingkat kematangan steak tersebut. "Steak biasanya dipanggang dengan griller, tapi sebaiknya jangan pakai arang, karena arang memiliki sifat kasiogenik yang kurang sehat," tambah Winda. Selain itu, jangan memasak dalam keadaan daging dingin atau pemanggang terlalu panas, karena akan menghasilkan daging dengan bagian luar gosong dan bagian dalamnya belum matang.

No comments:

Post a Comment