Wednesday, January 30, 2013

Fakta penyebab noda putih di kuku

Banyak orang mengatakan, kalau ada noda putih di kuku, itu bertanda ada yang menyukaimu. Begitu juga sebaliknya jika di tangan kiri, berarti ada orang yang membencimu. Namun apakah itu semua benar? semuanya dapat dijelaskan secara ilmiah. Itu hanya mitos.



Kuku adalah lapisan kulit tanduk yang pada setiap jari tangan atau kaki, membantu Anda mengambil benda-benda kecil, dan dapat digunakan sebagai senjata untuk mencakar. Meskipun kuku tampak sederhana, kuku belum banyak dipahami, bahkan hingga saat ini. Kuku sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. 

Secara rata-rata, kuku jari tangan bertambah panjang 1 mm setiap 10 hari. Kuku lebih cepat panjang dan lebih lambat pada musim dingin, lebih cepat panjang pada orang dewasa muda aktif dan lebih lambat pada orang yang sangat muda dan sangat tua. Semua pertumbuhan kuku terjadi pada bagian pangkalnya, di dalam matriks kuku.

Di dalam matriks kuku, selalu dihasilkan sel-sel baru, dan ketika sel tumbuh, mereka membentuk kuku yang sebenarnya (disebut lempengan kuku) ke arah depan menuju ujung jari tangan atau kaki. Metabolisme matriks kuku sangat aktif, dan peka pada perubahan kesehatan Anda. kuku dapat mencerminkan aspek kesehatan yang berbeda dengan menjadi lebih tipis atau lebih tebal, patah atau beralur. Jika Anda menderita stress berat atau demam, kuku akan sangat lambat tumbuh, dan akan muncul alur-alur horizontal pada kuku Anda. ini disebut “garis Beau”.

Di sisi lain, para penggigit kuku sebaiknya tahu bahwa kebiasaan buruk mereka sebenarnya mempercepat pertumbuhan kuku. Beberapa penyakit paru-paru dan jantung (dengan alasan yang tidak diketahui) dapat mengubah bentuk kuku sehingga ujung jari terlihat seperti tongkat (club) kecil. Ini disebut “Clubbing”.

Jadi bisa diambil kesimpulan kalau noda putih di kuku adalah bekas kerusakan kecil / retak bagian dalam kuku.

No comments:

Post a Comment